PRODUK UMKM PARUT KAYU SIDO MULYO DESA JATIPRAHU

Jatiprahu Inovator 28 Juni 2021 05:46:36 WIB

Jatiprahu, (SID JATIPRAHU) – Kerajinan Parut RT. 26 Sido Mulyo merupakan produksi pembuatan Parut Kayu traditional UMKM RT 26 Desa Jatiprahu. Pak Imam Kusaeri yang kebetulan ketua RT 26 merupakan pengepul kerajinan parut yang dikerjakan oleh ibu - ibu warga RT.26.

Pemasaran Parut Kayu traditional saat ini memang lebih sulit, hal ini dikarenakan pada pasarnya sudah kalah dengan parut yang di produksi oleh pabrik. “sebenarnya untuk pemasaran tetap berjalan hanya saja musiman. Jadi biasanya saya ke pasar dan langsung saya titipkan ke pedagang-pedagang.” Papar Imam Kusaeri.

Bentuk pendampingan dari Desa berupa pengarahan dan pelatihan – pelatihan yang bekerja sama dengan perindustrian untuk membantu permasalahan yang terjadi pada pengrajin parut. Hasil karya pengrajin parut biasanya sering di munculkan dalam event eksposisi hari Kemerdekaan Indonesia. Berikut penjelasan Daseri Kasi Kesra Desa Jatiprahu.

Kualitas parut manual ini jauh lebih baik dari parut buatan pabrik, karena selain dibuat dengan bahan kayu yang bagus, juga dengan detail yang sangat diperhatikan. Harga Parut kayu traditional ini juga terjangkau, mulai dari harga 6000 – 10.000 tergantung ukuran dari parut yang dihasilkan.

Reporter : M. Baris R.M

Penulis : Sinta Hardianti

Editor : M. Yusuf Effendi

Komentar atas PRODUK UMKM PARUT KAYU SIDO MULYO DESA JATIPRAHU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Jatiprahu

tampilkan dalam peta lebih besar