Visi dan Misi

01 Februari 2017 02:48:35 WIB

1. VISI

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Jatiprahu  ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Jatiprahu seperti Pemerintah Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya. Pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di Kecamatan. Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Desa Jatiprahu adalah :

“GOTONG ROYONG MEMBANGUN DESA JATIPRAHU MENUJU DESA MANDIRI, SEJAHTERA, JUJUR, ADIL BERBUDAYA DAN BERAKHLAK MULIA”

Sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan dan guna mewujudkan efektifitas dan efisiensi pembangunan, Visi Pembangunan Desa Jatiprahu Tahun 2019 - 2025 merupakan kelanjutan visi pembangunan Tahun 2013 – 2019.  Hal ini mengingat adanya berbagai keberhasilan yang telah dicapai dalam penyelenggaraan pembangunan pada tahap sebelumnya, selain masih ada beberapa hal yang harus terus ditingkatkan.

Penyelenggaraan pembangunan pada tahap sebelumnya telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Jatiprahu Namun demikian, hal-hal tersebut masih harus terus ditingkatkan, mengingat parameter tentang kesejahteraan terus mengalami perkembangan sesuai dengan dinamika kehidupan sosial dan ekonomi.

Disamping itu, adanya dinamika lingkungan eksternal menuntut adanya peningkatan daya saing secara terus menerus.

Adapun Penjelasan dari “GOTONG ROYONG MEMBANGUN DESA JATIPRAHU MENUJU DESA MANDIRI, SEJAHTERA, JUJUR, ADIL BERBUDAYA DAN BERAKHLAK MULIA” adalah

  1. GOTONG ROYONG MEMBANGUN DESA :Dalam melaksanakan segala bentuk pembangunan di Desa mengedepankan nilai kebersamaan atau gotong royong.
  2. MANDIRI : Mampu   membangun     Desa     dengan  menggali   Potensi yang ada di Desa.
  3. SEJAHTERA : Bertekad  Mensejahterakan  rakyat,  sesuai  dengan   Visi Kabupaten 
  4. JUJUR : Kejujuran     menjadi       modal      dasar      dalam      melaksanakan pembangunan di segala bidang.
  5. ADIL : Pembangunan       berasaskan      keadilan      atau pemerataan di berbagai wilayah.
  6. BERBUDAYA : Melestarikan   dan   mempertahankan  segala  adat kebiasaan yang berlaku di kehidupan bermasyarakat.
  7. BERAKHLAK MULIA : Pembangunan    disegala    bidang     yaitu pembangunan     baik    jasmani    maupun    rohani  untuk membentuk akhlak yang baik.

 

2. MISI

Selain Penyusunan Visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Desa agar tercapainya visi desa tersebut. Visi berada di atas Misi . Pernyataan Visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di operasionalkan/dikerjakan. Sebagaimana penyusunan Visi, misipun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Jatiprahu, sebagaiman proses yang dilakukan maka misi Desa Jatiprahu adalah :

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, ditetapkanlah 6 (Enam) misi pembangunan Desa Jatiprahu Tahun 2019 - 2025 sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan Pemerintahan yang efisien, efektif, bersih, demokratis, tepat, cepat dan bermanfaat dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Meningkatkan kualitas pembangunan dan kehidupan masyarakat.
  3. Memberdayakan Kelembagaan masyarakat sebagai subyek dan mitra pembangunan desa.
  4. Mengembangkan Pemberdayaan masyarakat dalam proses pembangunan dengan mengimplementasikan paradigma masyarakat membangun.
  5. Mengupayakan program Strategis Pemerintah masuk ke Desa, sebagai replika Kegiatan Pemerintah Daerah dan Pusat.
  6. Siaga Bencana

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Jatiprahu

tampilkan dalam peta lebih besar