PENYULUHAN KADER KESEHATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DESA JATIPRAHU TAHUN 2022

Jatiprahu Inovator 19 Desember 2022 18:47:08 WIB

Jatiprahu, (SID JATIPRAHU) – Kegiatan penyuluhan mengenai kesehatan lingkungan di Aula balai desa Jatiprahu, Acara ini menghadirkan Tim Kesehatan dari Puskesmas dan dihadiri oleh beberapa warga seperti ibu hamil dan lainnya. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan menggunakan protokol kesehatan.

Uniknya, diawal kegiatan diisi permainan seperti ice breaking dengan tujuan mengatur konsentrasi peserta agar tidak terlalu tegang dalam mengikuti sosialisasi tersebut. Salah satu tim kesehatan dari puskesmas Kedung menyatakan betapa pentingnya STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Beliau menjelaskan tentang penyakit stunting, penyebab dan solusinya. Penyakit stunting ternyata bisa dicegah dan bukan berasal dari keturunan. Penyakit stunting ini disebabkan berbagai faktor seperti limbah, sampah, dan kurangnya asupan gizi. Maka dari itu mulai sekarang perlu diadakan perubahan yang lebih baik untuk lebih bersih, sehat dan nyaman.

Selain itu, pemateri menambahi penjelasan tentang pertumbuhan dan perkembangan anak ada beberapa cara terutama melalui ASI ibu yang sangat baik untuk otak anak sehingga hal ini perlu ditekankan agar lebih diperhatikan. Seorang ibu juga perlu memperhatikan gizi yang diberikan kepada anak. Makanan atau minuman yang dikonsumsi harus memenuhi gizi yang pas dan higenis. Gizi tidak harus mahal kok, contohnya sayuran atau makanan-makanan yang mengandung protein juga ada yang tidak mahal.

Acara ini berlangsung secara lancar dan diharapkan semua yang hadir dapat mengambil ilmu yang diberikan dan lebih bermanfaat lagi untuk ke depannya. Diharapkan juga mulai sekarang bisa hidup lebih bersih dengan sering-sering mencuci tangan, menjaga makanan dan minuman dari bakteri. (Sinta Hardianti)

Editor : M. Yusuf Effendi

Reporter : Bangun Adi W.

Komentar atas PENYULUHAN KADER KESEHATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DESA JATIPRAHU TAHUN 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Jatiprahu

tampilkan dalam peta lebih besar